Bolu Kukus (Tanpa Ovalet, Sprite dan Baking Powder)

Tantangan utama membuat bolu kukus ini adalah menghasilkan bolu kukus yang merekah, tertawa lebar. Bolu kukus tanpa sprite biasanya menggunakan susu sebagai penggantinya, tetapi tetap menyertakan ovalet sebagai pengemulsi. Jika tak menggunakan sprite dan ovalet biasanya akan menggunakan bantuan baking powder dan atau baking soda untuk membantu adonan mengembang. Tapi yang satu ini beda, tanpa sprite, ovalet dan baking powder atau baking soda. Yang menjadi pengembang adalah telurnya dan tetap enak. Kuncinya ada pada pengocokan telur. Telur harus dikocok hingga benar-benar mengembang, kental dan berjejak. Maka saat adonan dikukus, dia akan mengembang dan tidak akan turun lagi. Ohya, telurnya harus dalam keadaan suhu ruang ya, bukan yang baru diambil dari kulkas.

Percobaan pertama saya gagal, kue mengembang tapi tidak sempurna, hanya merekah sedikit (mlethek bahasa jawanya), dan padat. Saya sadar telurnya kurang mengembang. Percobaan kedua? Inilah hasilnya. Saya senang sekali. Bisa Anda tanyakan kepada yang pernah membuat kue ini, bagaimana perasaan mereka saat akan membuka tutup kukusan. Dada berdebar kencang, mingkem apa ngakak ya, dan saat tutup dibuka….

image

Bolu Kukus Tanpa Sprite, Ovalet dan Baking Powder
Sumber: Brunch to Lunch
Hasil: 13 buah

Bahan:
2 butir telur utuh
1 butir kuning telur
250 gr gula pasir
250 gr terigu
125 ml susu cair
1 sdt vanila bubuk
1sdm coklat bubuk, cairkan dengan 1 sdm air panas menjadi pasta cokelat, dinginkan.

Cara membuat:
1. Panaskan dandang, bungkus penutupnya dengan serbet bersih. Alasi cetakan bolu kukus dengan kertas.
2. Kocok telur dan gula hingga mengembang, kental dan berjejak. (karena mikser panas, saya harus beberapa kali jeda mengocoknya dan hasilnya tak terlalu berjejak)
3. Campur vanili dan tepung. Tuang sepertiga bagian ke kocokan telur sedikit demi sedikit. Kocok dengan kecepatan rendah. Tuang setengah bagian susu sambil dikocok lagi. Tuang tepung lagi, kemudian susu, lalu tepung lagi, berselang-seling, kocok hingga tercampur rata.
4. Ambil sepertiga bagian adonan, beri cokelat pasta. Aduk hingga tercampur rata.
5. Tuang adonan putih ke dalam cetakan, beri adonan coklat. Komposisi bisa disesuaikan dengan selera, mau banyak putih atau cokelat, putih dulu atau cokelat dulu atau berselang-seling. Yang penting, tuang adonan hingga cetakan penuh.
6. Kukus 10 menit. Jangan buka tutupnya. (Resep asli menyarankan dikukus 25-30 menit, tapi saya cuma mengukus 10 menit dan sudah matang)

Selamat memasak!

Advertisements

11 thoughts on “Bolu Kukus (Tanpa Ovalet, Sprite dan Baking Powder)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s