Resep Roti Gulung Abon Ayam

Assalamu’alaykum,

Roti ini sebenarnya sudah diincar dari berapa tahun lalu. Tapi jiper duluan karena malas bikin abon, plus takut gagal karena retak pas digulung.

Ongsreng2 bikin abon ayam dulu. Nggak usah ditanya rasanya kayak apa. Uenaaaakkkk. Terbayarlah capek nggongseng abonnya haha.

Roti Gulung Abon Ayam
ala @hetiskitchen

Ukuran loyang: 31×33 cm
Gelas ukur: 200 ml

Bahan roti:
150 ml susu hangat
3 sdm gula pasir
2 sdt ragi
1 telur
3/4 sdt garam
3 sdm margarin/mentega
3 gelas terigu

Olesan: kuning telur + air
Taburan: salam, daun bawang cincang, wijen
Isi: mayonaise dan abon ayam

Cara membuat:
Tuang susu hangat dan 1 sdm gula (diambil dr resep) di wadah, aduk. Tuang ragi dan diamkan hingga berbuih, kira2 10 menit.
Masukkan telur, sisa gula dan terigu. Uleni hingga tercampur rata dan setengah kalis.
Tambahkan garam dan margarin/mentega. Uleni lagi sampai kali dan lembut. Bulatkan, taruh di wadah yang diolesi minyak, tutup, diamkan hingga mengembang 2× lipat.

Kempiskan adonan dan uleni sebentar agar udara keluar. Pipihkan adonan dengan rolling pin sesuai ukuran loyang. Taruh di loyang yang sudah dialasi kertas baking. Tusuk-tusuk permukaan roti dengan garpu secara merata agar tidak menggembung saat dipanggang.
Olesi dengan kuning telur merata, taburi dengan bahan taburan. Diamkan kira-kira 30 menit.

Panggang di oven yang sudah dipanaskan, suhu 190°C api atas bawah, kira-kira 10 menit, sampai permukaan kekuningan dan matang. Sesuaikan dengan oven masing-masing.

Keluarkan dari loyang. Diamkan sampai hangat. Balik roti dan gulung ke dalam dengan bantuan serbet atau kertas baking. Buka gulungan.
Olesi bagian dalam roti dengan mayonaise dan taburi abon ayam. Gulung rapat dan bungkus dengan serbet atau kertas baking, diamkan sampai benar2 dingin dan gulungan set.

Potong roti sesuai selera. Bagian samping bisa dioles mayonaise lagi dan ditabur abon.

Afiyet olsun!

Leave a comment