Membuat Kwetiaw

Sudah lama sekali saya mem-bookmark resep ini, berharap suatu saat bisa mewujudkannya. Karena memang saya penyuka mie, maka saya sering mencari resep mie yang berbeda-beda. Salah satunya, ya kwetiaw ini. Entah bagaimana ejaan yang benar untuk nama mie ini. Nah, setelah dihadiahi mesin penggiling mie oleh si Baba, maka saya segera eksekusi. Sudah luaaamma tak makan kwetiaw goreng. Membuatnya cukup mudah. Tapi ternyata, hasilnya tidak sesuai dengan harapan saya. Saat direbus, kwetiawnya remuk. Mungkin karena saya menggilingnya terlalu tipis. Jadi, kalau ingin membuat, jangan giling terlalu lama ya. Cukup sampai penggiling no 4 atau 5. Dan jangan rebus terlalu lama. Setelah mie mengapung, segera tiriskan. Berikut ini resepnya.

Homemade: Kwetiaw
Adaptasi dari Dapurmamasya

Bahan:
350 gr tepung terigu
150 gr tepung beras
1 buah putih telur
200 ml air
Tepung maizena untuk taburan
Minyak
Air untuk merebus
Garam

Cara Membuat:

  1. Campur kedua tepung, putih telur dan air di dalam mangkok. Uleni adonan hingga lembut dan kalis. Sementara membuat mie, masak air secukupnya untuk merebus mie. Beri sedikit minyak.
  2. Setelah adonan siap, bagi menjadi beberapa bagian. Ambil satu bagian, taburi dengan maizena dan giling dengan mesin penggiling no 1. Lipat adonan dan giling lagi dengan no 1.
  3. Teruskan menggiling dengan nomor yang lebih besar, sampai no. 4 atau 5. Taruh di dalam nampan yang sudah ditaburi maizena. Lakukan hingga semua adonan digiling tipis.
  4. Potong adonan dengan mesin pemotong untuk fettucini. Taburi dengan maizena agar tidak lengket. Lakukan hingga selesai.
  5. Rebus kwetiaw dalam air mendidih. Setelah mengapung, segera diangkat dan disiram dengan air dingin. Tiriskan. Olesi dengan minyak hingga rata.
  6. Kwetiaw siap diolah sesuai keinginan.

Leave a comment